Minggu, 20 Desember 2015

JENIS-JENIS PENELITIAN


Sumber: Pertemuan ke-4 pada Selasa, 29 September 2015 Perkuliahan Metodologi Penelitian oleh Dr. Heri Retnawati 

JENIS-JENIS PENELITIAN

A.    JENIS-JENIS PENELITIAN BERDASARKAN TUJUAN

1.      Penelitian eksplorasi : pelaksanaannya dilakukan untuk menemukan ilmu dan masalah baru dalam bidang pendidikan.
2.      Penelitian pengembangan : mengembangkan ilmu (pendidikan) yang sudah ada.
3.      Penelitian verifikasi : menguji kebenaran ilmu-ilmu yang telah ada, baik berupa konsep, prinsip, prosedur, dalil ataupun praktik pendidikan itu sendiri.



B.      JENIS-JENIS PENELITIAN BERDASARKAN PENDEKATAN
1.        Penelitian kuantitatif (quantitative research ) : menjawab permasalahan melalui teknik pengukuran yang cermat terhadap variabel tertentu.
2.        Penelitian kualitatif (qualitative research ) : suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi serta pemikiran orang secara individual maupun kelompok.
3.        Penelitian perkembangan (developmental research ) : suatu kajian tentang pola dan urutan pertumbuhan atau perubahan sebagai fungsi waktu. Objek kajiannya adalah perubahan atau kemajuan yang dicapai oleh individu. Penelitian ini terdiri dari 3 jenis, yaitu :
a)      Studi alur panjang (longitudinal) : mempelajari pertumbuhan, perkembangan dan perubahan pada individu yang sama, perkembangan yang berbeda dalam waktu yang cukup lama.
b)      Studi silang-sekat (cross-sectional) : mempelajari pertumbuhan, perkembangan dan perubahan pada tingkat atau kelompok tertentu dengan waktu yang cukup singkat.
c)      Studi kecenderungan (trend) : mempelajari prediksi bentuk perubahan yang akan datang berdasar pada perubahan-perubahan yang terjadi dimasa lampau.


C.    JENIS-JENIS PENELITIAN BERDASARKAN TEMPAT
            1.  Penelitian Kepustakaan (library research)
            2.  Penelitian Laboratorium (laboratory research)
            3.  Penelitian Lapangan (field research)
  

D.    JENIS-JENIS PENELITIAN BERDASARKAN FUNGSI
1.      Penelitian Dasar
·         Jenis penelitian yang digunakan untuk menemukan dan mengembangkan konsep-konsep, prinsip, generalilasi dan teori baru.
·         Para peneliti yang melakukan penelitian mempunyai tujuan perluasan ilmu dan kemaslahatan umat manusia.
·         Contoh : Penelitian di bidang kedokteran : klioning dari binatang atau tumbuhan.

2.      Penelitian Terapan (Applied Research)

·         Mengadakan penelitian atas dasar permasalahan yang signifikan dan berkorelasi terhadap masyarakat sekitar.
·         Tujuannya untuk pemecahan masalah dan hasil penelitian untuk kepentingan manusia baik secara individu maupun kelompok.
·         Contoh : bagaimana meningkatkan minat belajar siswa, implementasi kurikulum, peningkatan kualitas, dsb.

3.      Penelitian Tindakan (Action Research)
·      Bentuk penelitian refleksi diri melalui tindakan nyata dalam situasi yang sebenarnya.
·      Tujuan : untuk memperbaiki proses dan pemahaman tentang praktek2 pendidikan secara utuh, mengembangkan kemampuan profesional dan meningkatkan hasil kegiatan.
·      Beberapa hal dalam penelitian tindakan :
a.       Ilmiah
b.      Melibatkan kelompok partisipan
c.       Diarahkan untuk perbaikan praktik pendidikan
d.      Acuan untuk melakukan refleksi diri

4.        Penelitian Penilaian (Assessment Research)
Penelitian yang dilakukan untuk menentukan perubahan atau perbaikan perilaku individu setelah menjalani suatu perlakuan dengan waktu dan program tertentu.

5.        Penelitian Evaluasi
Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian terapan, tapi tujuannya dapat dibedakan dengan penelitian terapan, yaitu untuk menilai keberhasilan, manfaat, dan kelayakan suatu program atau kegiatan suatu lembaga berdasarkan kriteria tertentu.

6.      Penelitian Kebijakan (Policy Research)
·         Mengevaluasi kebijakan pimpinan (pemerintah) dan membantu para pembuat kebijakan memberikan rekomendasi yang bersifat praktis.
·         Penelitian ini memfokuskan kajiannya pada kebijakan yang telah dibuat atau sedang berlaku saat ini dan diarahkan untuk :
a.       Meneliti formulasi kebijakan, siapa sasarannya,
b.      Menguji pelaksanaan suatu program yang terkait dengan suatu kebijakan,
c.       Menguji keefektifan dan efisiensi kebijakan itu sendiri.

7.      Penelitian Grounded
·         Bertitik tolak dari data faktual di lapangan secara empiris dan dianalisis secara induktif sehingga menjadi teori.
·         Asumsi : memahami tindakan manusia dengan benar. Oleh sebab itu, tidak dapat digunakan teori atau konsep tentang tindakan sosial yang dirumuskan terlebih dahulu sebelum penelitian itu sendiri dimulai.


E.     JENIS-JENIS PENELITIAN BERDASARKAN METODE
1.      Penelitian Sejarah
·         Memfokuskan kajian terhadap fenomena, peristiwa atau perkembangan yang terjadi pada masa lampau.
·         Tujuan : mendeskripsikan dan merekonstruksi fenomena masa lampau secara sistematis, objektif dan rasional dengan cara mengumpulkan, mengevaluasi, memverifikasi dan mensintesiskan bukti2 secara faktual untuk memperoleh simpulan yang kuat.

2.      Penelitian Deskriptif
·         Biasanya pada bidang sosial, ekonomi dan pendidikan.
·         Para peneliti berusaha menggambarkan kegiatan penelitian yang dilakukan pada objek tertentu secara jelas dan sistematis.
·         Mengeksplorasi, menerangkan dan memprediksi terhadap suatu gejala yang berlaku atas dasar data yang diperoleh di lapangan.

3.      Penelitian Eksperimen
·      Metode sistematis untuk membangun hubungan yang mengandung fenomena sebab-akibat.
·      Metode inti dari model penelitian yang menggunakan pendekatan positivistik.
·      Penelitian ini dilakukan dengan 3 kegiatan sekaligus, yaitu : mengontrol, memanipulasi, dan observasi.

4.      Penelitian Survey
·      Mengetahui status fenomena, menentukan kesamaan status dengan cara membandingkannya dengan standar, norma atau kriteria yang sudah ditentukan.
·      Penelitian ini dapat digunakan untuk penjajakan, dekriptif, penjelasan, evaluasi, prediksi, penelitian operasional dan pengembangan indikator-indikator sosial.

5.      Penelitian Ekspo facto
·         Penelitian yang dilakukan terhadap suatu kejadian yang telah berlangsung.
·         Restropective study, karena menelusuri kembali terhadap suatu peristiwa atau kejadian dan kemudian menelusuri kebelakang untuk menyelidiki factor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tersebut.

6.      Penelitian Komparatif
·         Studi kausal komparatif : jenis penelitian yang digunakan untuk membandingkan antara dua kelompok atau lebih dari suatu variabel tertentu.
·         Tujuan : melihat perbedaan dua atau lebih situasi, peristiwa, kegiatan atau program yang sejenis dengan melibatkan semua unsur atau komponennya.

7.      Penelitian Koresional
·         Mempelajari hubungan dua variabel atau lebih, yaitu hubungan variasi dalam satu variabel dengan variasi dalam variabel lain.
·         Tujuan : menguji hipotesis yang dilakukan dengan cara mengukur sejumlah variabel dan menghitung koefisien korelasi (r) antara variabel2 tersebut sehingga dapat ditentukan variabel2 mana yang berkorelasi.

8.      Penelitian Studi Kasus
·         Mempelajari secara intensif seorang individu, kelompok atau lembaga yang dianggap memiliki atau mengalami kasus tertentu.
·         Tujuan : mempelajari secara mendalam dan sistematis dalam kurun waktu cukup lama tentang sesuatu kasus sehingga dapat dicari alternatif pemecahannya.

9.      Penelitian dan Pengembangan
·         Research and Development : rangkaian proses atau langkah-langkah dalam rangka mengembangkan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang telah ada agar dapat dipertanggungjawabkan.
·         Jenis:
a.       berbentuk benda atau hardware seperti buku, modul, alat bantu pembelajaran di kelas, perpustakaan atau laboratorium
b.      Perangkat Lunak (software) seperti program komputer untuk pengolahan data, pembelajaran di kelas, perpustakaan atau laboratorium ataupun model2 pendidikan, pembelajaran, pelatihan, bimbingan, evaluasi, sistem manajemen, dsb.


Sumber:
http://www.academia.edu/8307303/JENIS-JENIS_PENELITIAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar