Sumber: Pertemuan ke-1 & ke-2 Perkuliahan
Metodologi Penelitian oleh Dr. Heri Retnawati
Dalam
kehidupan sehari-hari tentunya kita tak lepas dari suatu masalah. Tidaklah bisa
kita dikatakan hidup jika tak ada masalah. Lalu, apa masalah itu? Masalah
merupakan harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan hidup. Karena luasnya
permasalahan di kehidupan ini, maka pada kesempatan ini akan dibahas mengenai
permasalahan khusunya permasalahan di dalam dunia pendidikan. Refleksi ini
merupakan hasil refleksi saya pada kuliah pertama dan kedua metodologi penelitian dengan
Ibu Dr.Heri Retnawati. Lantas, apa saja permasalahan yang dihadapi didunia
pendidikan. Berikut ini merupakan ulasannya.
A. PERMASALAHAN YANG
DIHADAPI GURU
1.
Ketersediaan
sumber belajar yang terbatas
2.
Kematangan dalam
penguasaan materi
3.
Kesulitan menggunaan
media pembelajaran maupun alat peraga
4.
Kesulitan menerapkan
metode pembelajaran ataupun pendekatan pembelajaran.
5.
Materi yang tidak
sesuai dengan alokasi waktu.
6.
Karakteristik siswa
yang berbeda-beda.
7.
Membuat pembelajaran
yang menyenangkan
8.
Adanya perubahan
kurikulum yang diberlakukan oleh pemerintah.
9.
Keadaan ekonomi guru
sehingga guru mengajar bukan karena panggilan nurani, tetapi untuk
memenuhi keadaan ekonomi semata.
10.
Guru sulit mengubah
sudut pandang siswa mengenai matematika yang menyenangkan
11. Guru mengejar
target materi pembelajaran, tanpa memperhatikan pemahaman konsep
12. RPP yang
dibaut oleh guru tidak sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran di kelas
13. Guru sulit
membangkitkan minat dan motivasi siswa
14. Guru menyusun
media pembelajaran
15. Kurangnya
pelatihan kompetensi guru
16. Ketidaksiapan
siswa dalam belajar
17. Kegiatan
non-akademik
B. PERMASALAHAN YANG DIHADAPI SISWA
1. Pembelajaran
yang monoton
2. Fasilitas
sekolah kurang menduung
3. Kesulitan
dalam memahami bahan ajar.
4. Kondisi
kelas yang tidak kondusif.
5. Minat
dan motivasi siswa kurang
6. Kurangnya
ketertarikan siswa terhadap guru.
7. Siswa
belum memahami materi prasyarat sehingga kesulitan memahami materi
8. Matematika
yang dianggap sulit
9. Matematika
yang terlalu abstrak
10. Kemampuan
siswa yang variatif sehingga siswa yang kurang merasa minder
11. Fasilitas
yang dimiliki siswa
12. Kondisi
kesehatan siswa
C. PERMASALAHAN
YANG DIHADAPI KEPALA SEKOLAH
1. Kepala
sekolah kurang memonitor, jadwalnya padat
2. Kurangnya
kemampuan bersosialisasi
3. Pengetahuan
IT
4. Rekruitmen
kepala sekolah karena kedekatan emosi
5. Niat
kepala sekolah karena ekonomi & status sosial
D. PERMASALAHAN
YANG DIHADAPI DINAS PENDIDIKAN
1. Pelatihan
yang diselenggarakan dinas tidak merata
2. Kurang
monitoring, sekedar hanya melaksanakan tugas
3. Pemerataan
dana pendidikan
4. Pelatihan
kurang efektif baik tempat maupun waktu
5. Dana
pemerintah tidak 100% diterima, daya serap 100% tetapi tidak sesuai dengan
pelaksanaan
E. PERMASALAHAN YANG DIHADAPI ORANGTUA
1. Biaya
pendidikan
2. Fasilitas
3. Wawasan
orangtua
4. Tuntutan
5. Komunikasi
6. Sibuk
7. Keteladanan
8. Orangtua
kurang peka pada kebutuhan siswa
F. PERMASALAHAN
DITINJAU DARI ASPEK LINGKUNGAN
1. Sarana
dan prasarana yang kurang memadai
2. Suasana
akademis
G. PERMASALAHAN DARI ASPEK MATEMATIKA
1. Konteks
soal tidak sesuai dengan yang dihadapi siswa
2. Ada
materi dalam matematika yang susah untuk diaplikasikan dalam kehidupan
sehari-hari sehingga siswa merasa bahwa matematika tidak penting
3. Kesusahan
dalam memodelkan soal cerita
4. Materi
padat dan menghafal
5. Matematika
simbolik
6. Konsep
belum diketahui
H. PERMASALAHAN
DARI ASPEK PEMBELAJARAN
1. Pembelajaran
langsung
2. Apersepsi
3. Pembelajaran
belum didukung media
4. Pembelajaran
belum didukung perangkat (RPP, buku ajar, LKS, modul, penilaian)
5. Pembelajaran
yang ada sudah dievaluasi
Demikian permasalahan yang bisa disampaikan. Semoga
bermanfaat. Masukan sangat diperluan demi kebaikan bersama
Terima Kasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar